Playground yang Terinspirasi Elemen Geografis Montessori

By Febi Purnamasari | Published 3rd March 2019

Salah satu arena bermain yang menerapkan metode Montessori adalah Kinder Playhouse & Library (Dok. KinderHaven)

Metode Montessori lagi naik daun ya, Parents. Tak hanya sekolah, konsepnya ternyata juga diadopsi untuk arena bermain, lho. Salah satu arena bermain yang menerapkan metode Montessori adalah Kinder Playhouse & Library di Gading Serpong, Tangerang, Banten. Kebetulan, saya dan anak-anak telah mengunjunginya pada Maret 2018. Tak hanya kebersihan playground yang membuat saya terkesan, tapi juga konsistensinya menyediakan fasilitas bermain bermaterial kayu, sesuai ciri khas metode Montessori.

Kinder Playhouse & Library menyatu dengan KinderHaven Preschool. Jadi, kalau Si Kecil berkunjung di hari biasa, ia mungkin akan bermain berdampingan dengan siswa-siswi sekolah tersebut.

Lebih jauh, Kinder Playhouse & Library adalah playground yang terinspirasi elemen geografis dalam Montessori. Yakni, daratan, udara, dan perairan yang terangkum dalam beberapa tema area bermain.

Memenuhi kebutuhan bergerak si Kinestetik

Di area Beach Heat, anak-anak berusia 2,5 tahun ke atas dapat meluncur di perosotan yang cukup tinggi. Sebelumnya mereka juga harus melalui jembatan gantung yang mengasah keseimbangan terlebih dulu. Tapi tenang, ada staf yang akan mendampingi di atas perosotan ketika Si Kecil hendak meluncur, kok. Ketika ke sini sih, si Kakak enggak mau udahan mainnya. Selain itu, ada beberapa wahana panjat-memanjat untuk anak-anak yang suka sekali bergerak.

Salah satu arena bermain yang menerapkan metode Montessori adalah Kinder Playhouse & Library (Dok. KinderHaven)

Di situs KinderHaven sih, arena Beach Heat diperuntukkan bagi anak berusia empat tahun ke atas. Namun, anak saya yang ke sana saat berusia 2 tahun bisa menikmati permainannya dengan aman, kok. Dengan catatan, orang tua harus selalu mendampingi dan mengawasi, ya.

‘Tenggelam’ di kolam bola

Lalu, ada juga kolam bola mini berbentuk kapal laut yang bakal bikin Si Kecil tenggelam layaknya berada di tengah samudra. Sebagian anak mungkin akan ketakutan saat berada di kolam ini, seperti anak kedua saya yang saat itu berusia setahunan. Jadi, selalu sigap mendampingi buah hati, ya. Kolam bola ini berada di area Ocean in Motion.

Area khusus bayi-bayi

Buat kamu yang membawa bayi, jangan khawatir! Ada area bertema peternakan dengan ragam permainan yang mengasah pancaindra buah hati, lho. Di sini, Si Kecil bisa bebas merangkak maupun berjalan dengan aman karena lantai dan dindingnya empuk.

Salah satu arena bermain yang menerapkan metode Montessori adalah Kinder Playhouse & Library (Dok. KinderHaven)

Menjelajah luar angkasa

Area lainnya yang juga tak kalah seru untuk didatangi adalah Space Adventure. Anak dijamin takjub melihat nuansa luar angkasa dalam pencahayaan sedikit remang. Selain itu, ia dapat belajar aneka warna dan bentuk lewat mainan-mainan yang unik di sini.

Salah satu arena bermain yang menerapkan metode Montessori adalah Kinder Playhouse & Library (Dok. KinderHaven)

Cooling down di perpustakaan

Nah, kalau sudah capek bergerak aktif, Si Kecil bisa cooling down sejenak di area perpustakaan. Ia bisa membaca buku maupun bermain lego atau mainan berkonsep Montessori lainnya yang terdapat di rak khusus.

Fasilitas ramah anak dan busui di satu tempat

Salah satu hal yang membuat arena bermain ini keren menurut saya adalah fasilitas toilet khusus anak. Bisa kita tebak, toiletnya didesain ramah anak karena mulai dari water closet, washtafel, sampai bilik toiletnya sesuai ukuran anak-anak.

Arena bermain ini juga ramah ibu menyusui karena menyediakan nursery room yang nyaman dan bersih.

Tak lupa, Kinder Playhouse & Library punya berbagai program mingguan yang sudah sepaket dengan harga tiket masuk (HTM). Jadwal programnya bisa kamu cek di Instagram @kinderplaynread, ya.

HTM:

  • Selasa–Jumat: Rp60.000 (member) dan Rp95.000 (Non-Member)
  • Sabtu: Rp90.000 (Member) dan Rp125.000 (Non-Member)

Harga tersebut sudah termasuk 1 orang pendamping dewasa dan waktu bermain selama 3 jam. Untuk tambahan pendamping, ada biaya ekstra sebesar Rp25.000. Jangan lupa bawa kaus kaki buat anak maupun pendamping, ya!

Alamat: Bez Plaza Lantai 3, Jalan Raya Bolsena, Gading Serpong, Tangerang

Waktu operasional: Selasa-Minggu pukul 09.30-18.00

(Febi/ Dok. KinderHaven)

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published.