Empat Kegiatan Bareng Keluarga Menyambut Asian Games di Jakarta

By Febi Purnamasari | Published 18th August 2018

Saya merangkum beberapa tempat yang bisa menjadi tempat nge-date kamu dan pasangan (Dok. Shutterstock)
Maskot Asian Games 2018 yang mewarnai Bundaran Hotel Indonesia di Jalan MH Thamrin, Jakarta (Dok. Shutterstock).

Menyambut gelaran Asian Games 2018 yang berlangsung selama dua minggu, Jakarta sebagai tuan rumah berbenah diri, termasuk menyuguhkan berbagai atraksi unik. Ini saatnya kamu mengajak si kecil menjadi saksi sejarah perhelatan olahraga yang satu ini!

Menikmati atraksi video mapping, laser, dan air mancur di Monas

Buat kamu warga Jakarta, kapan terakhir kali kamu berkunjung ke Monas? Kali ini Monas menawarkan cerita yang berbeda. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyuguhkan sentuhan digital di Monas selama Asian Games berlangsung, lho. Persisnya dari tanggal 17 Agustus-2 September 2018 setiap malam. Video mapping akan tampil selama 25 menit dan diiringi digital surround system nan atraktif.

Selain video mapping, laser warna-warni dan air mancur menari juga akan menghiasi Tugu Monas selama 20 menit. Asyiknya lagi, kamu dapat menikmati pertunjukan ini secara gratis dari pukul 19.00-selesai.

Menikmati semarak Asian Games di Jalan Jenderal Sudirman-MH Thamrin

Sejak awal Agustus lalu, maskot-maskot Asian Games 2018 sudah meramaikan Jalan Jenderal Sudirman-MH Thamrin. Maskot tersebut adalah Atung (rusa), Kaka (Badak), dan Bhin Bhin (burung). Ada juga patung yang menggambarkan cabang-cabang olahraga yang akan dipertandingkan, seperti atletik, sepak bola, bulu tangkis, dan lainnya. Kamu dan pasangan bisa berolahraga saat car free day atau berjalan kaki maupun naik bus tingkat. Hari bebas kendaraan akan tetap digelar selama Asian Games berlangsung.

Tak hanya menjadi rute menuju pertandingan yang ada di Gelora Bung Karno (GBK), sepanjang jalan ini juga merupakan venue cabang olahraga marathon, lho.

Belanja cinderamata Asian Games di Sarinah

Menurut Penyedia Layanan Tur Wisata Kreatif Jakarta, gerai cinderamata resmi Asian Games hanya ada dua di Ibukota. Salah satunya di Sarinah. Di sini kamu bisa menemukan ragam suvenir yang unik dan lucu. Seperti bandana dengan sayap Bhin Bhin, cula satu milik Kaka, atau tanduk si Atung. Harga souvenir yang dijual bervariasi mulai dari Rp14.900 (tas dan stiker) sampai Rp1.500.000 (jam meja dari timah putih).

Saya merangkum beberapa tempat yang bisa menjadi tempat nge-date kamu dan pasangan (Dok. Instagram/Wisata Kreatif Jakarta)
Dok. Instagram/Wisata Kreatif Jakarta

Berkunjung ke Hotel Indonesia Kempinski

Di Jalan MH Thamrin pula, kalian bisa berkunjung ke Hotel Indonesia. Yakni, salah satu bangunan yang dibuat untuk menyambut Asian Games ke IV pada 1962 di Jakarta. Hotel ini juga menjadi tempat menginap para atlet Asian Games IV. Pada era tersebut, Hotel Indonesia merupakan hotel bintang lima pertama di Asia Tenggara dengan standar internasional.

Oh ya, selama 15 Agustus-2 September 2018, kamu bisa menikmati pameran bertajuk “Remarkable Sports dan Heritage Photo Exhibition” yang berlangsung di sana. Di acara ini, kita bisa melihat foto-foto memorabilia atlet-atlet Indonesia di Asian Games sebelumnya, raihan medali di beberapa kejuaraan internasional, hingga raket kepunyaan sang atlet.

Selain menyambut Asian Games 2018, pameran ini juga untuk merayakan ulang tahun ke-56 Hotel Indonesia yang jatuh pada 5 Agustus lalu.

Referensi:

  • Artikel “Prestasi Atlet Indonesia Dipamerkan di Hotel Indonesia Kempinski” pada Kompas
  • “Sandiaga: Banyak yang Tidak Tahu, Sudirman-Thamrin Itu “Venue” Asian Games untuk Maraton” pada Kompas
  • “Menggemaskan, Patung-patung Maskot Asian Games Hiasi Jalan Sudirman” pada Jawapos

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published.