Lima Hal Menarik Berwisata di Kebun Raya Bogor

By Putu Dyah | Published 5th April 2018

Pengen jalan-jalan ke tempat yang enggak jauh dari Jakarta, hemat dan bisa membuat si kecil makin dekat sama alam? Parentalk punya rekomendasi tempat jalan-jalan yang seru yaitu Kebun Raya Bogor. Berikut alasannya kenapa tempat wisata ini menarik buat dikunjungi bareng anak-anak.

Segar lihat pemandangan alami

Secara psikologis, warna hijau bisa membuat orang merasa rileks dan tenang. Hal ini bisa didapat dengan jalan-jalan ke Kebun Raya.

Begitu memasuki area wisata ini, kamu dan keluarga bakal menemukan rerumputan, pohon, kolam teratai dan berbagai pemandangan yang bikin mata segar. Tinggal pilih mau melihat suasana hutan, padang kaktus, kolam dan banyak lagi spot-spot menarik di sini.

Menstimulasi kecerdasan naturalis anak

Berdekatan dengan alam dapat melatih kecerdasan naturalis pada anak lho. Dengan begitu, anak bisa lebih peka, peduli dan menghargai lingkungan sekitarnya. Di Kebun Raya, Ayah dan Ibu dapat mengajak si kecil melihat tumbuh-tumbuhan yang jarang ditemui di sekitar rumah. Misalnya, kaktus-kaktus besar yang ada di Taman Meksiko. Teratai lebar yang memenuhi Kolam Gunting. Atau dengan sekedar main rumput di Taman Telsjmann dan Taman Lebak Sudjana Kassan.

Anak bisa bebas main di alam terbuka. (Dok: Pribadi)

Selain itu, anak-anak juga bisa belajar mengenal hewan. Coba ajak mereka melihat rusa tutul, mengejar capung dan serangga atau melihat burung-burung yang bebas keliaran di tempat ini. Dijamin mereka bakal senang dan seru bermain!

Anak bebas bergerak

Suasana Kebun Raya Bogor yang alami dan terbuka, pas banget untuk melatih kemampuan motorik anak-anak. Bayi yang sedang merangkak, bisa bermain di area rumput yang agak kasar buat menstimulasi sensori mereka. Sementara anak yang lagi belajar jalan atau lagi suka lari-larian, bisa leluasa bergerak di halaman rumput kebun raya.

Orang tua juga enggak perlu terlalu khawatir, karena permukaan rumput tentunya lebih ‘empuk’ daripada semen atau keramik di mall. Tapi tetap harus hati-hati ya. Siapa tahu ada batu yang tersembunyi di balik rumput atau semut yang mengigit kulit si kecil. Siapkan juga lotion anti serangga biar kulit anak-anak tetap aman selama bermain.

Ayah Ibu juga bisa olahraga

Selain anak-anak yang bebas bergerak, Ayah dan Ibu juga bisa olahraga. Percaya deh, keliling area kebun raya (yang luasnya 87 hektar) sambil bawa anak kecil, pasti bakal melatih fisik. Walaupun enggak semua areanya kamu kunjungi, tapi selama jalan-jalan Ayah dan Ibu dipaksa buat bergerak dan lumayan bikin kaki pegal.

Apalagi kalau hari Sabtu dan Minggu, pengunjung tidak boleh membawa kendaraan masuk ke dalam area. Jadi, kamu mesti jalan kaki buat pindah dari satu area ke area lain. Belum lagi kalau harus mengejar anak yang lari-larian.

Murah meriah

Ini penting banget. Terutama kalau kamu mau jalan-jalan yang hemat di kantong. Tiket masuk ke Kebun Raya Bogor harganya Rp 15 ribu. Biaya ini sudah termasuk asuransi dan tiket masuk ke Museum Zoologi yang ada di dalamnya.

Buat bayi dan balita masih dihitung gratis. Si kecil bisa puas keliling berbagai area di dalam kebun raya deh. Ayah dan Ibu juga tenang karena biaya tiket masuknya ramah di kantong.
Kalau tertarik ke sini, Kebun Raya Bogor buka setiap hari, mulai jam 07.30 sampai 16.00.

Sebelum jalan-jalan ke sini, sebaiknya kamu melakukan beberapa persiapan. Kamu bisa membacanya di artikel Persiapan Jalan Bareng Batita ke Kebun Raya Bogor. 

(Dyah/ Dok: Pribadi)

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published.