Ide Date Night untuk Ibu Hamil

By Febi Purnamasari | Published 10th September 2018

Date night ala turis cocok buat kamu yang suka nge-date bernuansa eksplorasi kota layaknya wisatawan (Dok. Pixabay)

Kehamilan tak lantas menjadi penghambat bagi kamu dan pasangan untuk bermesraan. Justru manfaatkanlah masa ini, terlebih bila kamu tengah melalui kehamilan pertama. Buat kamu yang sedang menjalani kehamilan kedua, nikmati juga, dong! Soalnya, kalau sudah ada dua anak atau lebih, curi-curi waktu untuk kencan dengan pasangan bakal menantang lagi! Karena kamu sedang berbadan dua, agenda kencan perlu disesuaikan demi keamanan dan kenyamanan. Nih, saya rangkum ide date night bumil ala turis dan edisi nge-mall.

Date night ala turis cocok buat kamu yang suka nge-date bernuansa eksplorasi kota layaknya wisatawan.

Menikmati pantai

Suasana pantai di malam hari memang menyuguhkan kesan romantis. Bila ada pantai di kota tempat tinggalmu, luangkanlah waktu bersama pasangan untuk menikmatinya. Kalau pantainya memiliki hiburan khusus di malam hari, itu lebih seru lagi. Sebut saja, pantai di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta. Di sana kamu dan pasangan bisa singgah di kafe atau restoran sambil menikmati suasana malam pantai. Ada pula hiburan musik di sejumlah panggung.

Berjalan-jalan di sekitar pantai saja sudah menyenangkan dan menyehatkan. Apalagi, menurut Ahli Endokrinologi Akshat Chadha seperti dilansir The Health Site, berjalan kaki 15 menit setelah makan malam dapat membantu kinerja pencernaan juga mengurangi lemak perut secara efisien! Manfaat lainnya:

  • mengendalikan kadar kolesterol,
  • memadatkan tulang,
  • meringankan nyeri punggung bawah, dan
  • mempermudah tidur jika dilakukan dengan benar.

Jangan lupa juga untuk berjalan dan bertelanjang kaki di pasir pantai. Selain menenangkan, kegiatan ini juga membantu bumil membakar kalori dan menguatkan otot kaki. Tapi, pastikan durasi berjalan kaki tidak terlalu lama, ya.

Duduk cantik menikmati konser musik

Kalau jaman muda bumil dan pasangan suka nonton konser, pasti ada saja ya, keingingan untuk menikmatinya lagi, tak terkecuali selama kehamilan. Tapi, pilih-pilih dulu nih, jenis hiburan panggung yang ingin didatangi. Sebaiknya konser tersebut memungkinkan bumil untuk duduk dengan nyaman. Misalnya, konser musik klasik yang biasanya digelar dalam teater pada malam hari. Apalagi, musik klasik dapat merangsang otak sehingga memicu gerakan motorik tertentu pada janin, mengatur ritme denyut jantung, serta merangsang pertambahan berat badan.

Proses pengenalan musik juga melibatkan banyak daerah di otak. Hal ini nantinya berpengaruh terhadap pusat emosi di otak tengah yang penting dalam sistem pembelajaran, memori jangka pendek, dan emosi.

FYI, janin berusia 18-23 minggu bisa bereaksi terhadap suara-suara yang didengarnya dengan gerakan, lho. Jadi, jangan heran kalau si kecil bakal banyak ‘menendang’ selama pertunjukan berlangsung.

Menikmati suasana kota

Jika ingin kencan yang murah meriah, bumil dan pasangan bisa berkendara saja ke pusat kota di akhir pekan. Tinggal pilih, naik motor atau mobil. Kalian bisa saling bercerita dan menikmati indahnya lampu-lampu kota selama perjalanan. Hal sederhana ini tentu dapat membuat suasana hati bumil lebih positif. Tapi, pastikan agenda berkendara tidak terlalu lama demi kenyamanan bumil, ya.

Kalau bumil kurang nyaman dengan suasana luar ruangan, masih ada pilihan Ide Date Night Bumil Edisi Nge-Mall, kok.

Referensi: 9 Bulan yang Menakjubkan oleh Bonny D. Hall, dkk.

(Febi/ Dok. Pixabay)

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published.