Tujuh Hal yang Memudahkan Ibu Masa Kini

By Putu Dyah | Published 5th September 2018

Thanks to technology! Kalimat ini rasanya yang bisa saya bilang setelah jadi ibu dua anak yang bekerja dari rumah dan hanya sesekali pergi ke luar. Berkat teknologi, saya mendapatkan “sahabat-sahabat” baru yang memudahkan berbagai urusan sehari-hari. Mau tahu, siapa-siapa saja sahabat ibu yang saya maksud?

Instagram

Media sosial ini seperti jadi Google baru bagi saya. Mau cari tahu soal MPASI, pengasuhan anak, tren fashion kekinian, update informasi terkini sampai kepo-in orang, semuanya bisa didapat di Instagram.

Saya hanya perlu mengetik keyword yang sesuai, keluarlah berbagai postingan terkait. Atau bisa juga dengan mem-follow akun-akun yang informatif dan menarik. Kalau sudah scroll-klik-scroll-klik, bisa begitu terus sampai bermenit-menit. Bahkan sahabat ibu yang ini suka bikin lupa waktu!

Media parenting digital

Kalau mau tahu berbagai hal seputar parenting, kita enggak harus selalu datang ke seminar, dokter atau psikolog anak. Ada berbagai media digital, termasuk Parentalk, yang memudahkan ibu masa kini untuk mendapat info seputar pengasuhan anak. Ada juga para experts yang berbaik hati mau berbagi pengetahuan mereka lewat media sosial.

Pengen sesi yang lebih dekat dan memungkinkan kamu bertanya langsung? Bisa.. Tinggal ikut kelas online yang banyak tersedia via Whatsapp grup, Line Square atau webinar. Tapi kita tentunya mesti pintar-pintar memilih informasi. Pastikan dari sumber yang jelas dan kredibel ya.

Perkembangan media digital ikut memudahkan ibu masa kini untuk mencari berbagai informasi. (Dok: Shutterstock)
Perkembangan media digital ikut memudahkan ibu masa kini untuk mencari berbagai informasi. (Dok: Shutterstock)

Transportasi online

Entah kenapa sejak punya anak, saya jadi lebih suka memakai jasa tranportasi online ketimbang membawa kendaraan sendiri. Rasanya lebih simpel dan enggak capek saja. Tinggal pesan via handphone, tunggu kendaraan yang menjemput, duduk manis, sampai deh di tempat tujuan.

Online shopping

Walaupun sudah jadi ibu, kebiasaan belanja tetap enggak lepas. Setuju? Tapi bedanya, berhubung anak masih kecil-kecil, saya enggak bisa leluasa buat window shopping dari satu tempat ke tempat lain. Beruntung, sekarang ada banyak e-commerce yang memudahkan ibu untuk belanja berbagai kebutuhan.

Mau cari baju orang dewasa dengan berbagai model? Ada. Perlu kebutuhan anak dari A sampai Z? Ada juga. Tinggal pilih saja. Tapi jangan sampai kalap ya buibu.

“Tukang sayur” online

Kalau dulu orang tua kita mesti ke pasar buat beli sayur-mayur, daging dan kebutuhan lain, sekarang kita bisa memakai jasa penjual sayuran online. Tinggal klik-klik, pilih sayuran dan lauk-pauk yang diperlukan, bayar, terus barangnya sampai deh.

Bahkan, buat kamu yang enggak bisa masak tapi pengen bikin sesuatu buat orang di rumah, ada jasa yang menyediakan semua bahan sampai bumbu dengan takaran yang pas. Jadi kamu tinggal cemplung-cemplung sesuai resep yang disediakan. Duuh, sahabat ibu banget deh!

Salon dan jasa pembersih panggilan

Mau tampil cantik buat acara kantor, tapi enggak sempat ke salon karena harus mengurus Si Kecil? Manfaatkan saja jasa salon panggilan yang bakal datang ke rumah untuk mempercantik penampilan kamu. Biasanya penyedia jasa seperti ini juga menawarkan layanan pijat dan spa di rumah.

Selain salon, ada juga jasa bersih-bersih rumah yang bisa datang by request. Layanan seperti ini tentu jadi alternatif kalau Si Mbak yang biasa bantuin di rumah, tiba-tiba mesti pulang kampung.

Mobile banking

Last but not least, mobile banking. Semua hal yang sudah disebut di atas bakal lebih mudah urusannya kalau kita memanfaatkan mobile banking. Saat enggak punya duit cash buat bayar ini-itu, tinggal transfer via mobile banking saja. Apalagi sekarang kebanyakan jasa sudah memanfaatkan e-money atau non tunai. Mobile banking pun jadi salah satu sahabat ibu yang membuat hidup lebih simpel.

Lewat keberadaan tujuh hal tersebut, ibu tetap bisa melakukan berbagai aktivitas sambil mengurus Si Kecil. Kalau menurut kamu, siapa lagi “sahabat” yang memudahkan dan jadi teman sehari-hari ibu masa kini?

(Dyah/ Dok: Shutterstock)

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published.