Trik Memanjakan Diri di Tanggal Tua

By Febi Purnamasari | Published 20th February 2019

Berdasarkan pengalaman pribadi, kita bisa kok tetap memanjakan diri di tanggal tua berbekal sisa uang bulanan (Dok. Shutterstock)

Krisis tanggal tua tak hanya berdampak pada kehidupan pencari nafkah, tapi juga penerima nafkah. Khususnya, ibu rumah tangga.

Selama menjalani keseharian mengasuh anak, ibu rumah tangga terkadang menghadapi kejenuhan. Terutama, Ibu-ibu yang mengurus buah hati tanpa bantuan pengasuh seperti saya. Rasanya, saya memperoleh jeda yang singkat saja untuk menikmati kesendirian layaknya orang dewasa. Sebagian besar waktu saya gunakan untuk merespon kebutuhan anak. Belum lagi, kalau polah Si Kecil lagi sering menguji kesabaran, badan jadi gampang tegang dan capek.

Kalau sudah jenuh, letih, dan mumet (you name it), saya inginnya memanjakan diri di rumah sembari menjaga anak. Entah itu dengan comfort food atau layanan pijat aplikasi online ketika badan sudah tegang banget. Nah, masalahnya, keinginan untuk memanjakan diri itu sering kali datang pas tanggal tua. Enggak tega rasanya untuk meminta uang ekstra kepada suami dengan dalih ingin memanjakan diri sejenak.

Berdasarkan pengalaman pribadi, kita bisa kok tetap memanjakan diri di tanggal tua berbekal sisa uang bulanan. Kuncinya adalah menggantikan kemewahan dengan produk-produk minimarket di bawah ini.

Kopi sachet menggantikan keinginan untuk jajan es kopiĀ 

Ini nih, tantangan terbesar saya ketika kurang tidur di tanggal tua. Soalnya, saya cenderung mudah terpancing emosi ketika kurang tidur. Supaya pikiran dan tenaga bisa survive di tanggal tua, akhirnya saya bikin es kopi susu sendiri bermodalkan kopi sachet. Kalau harga segelas es kopi susu adalah Rp 15 ribu, saya bisa mendapatkan satu pak kopi sachet dengan harga Rp 10 ribu saja. Saya pun bisa membuat es kopi susu sendiri beberapa kali sehingga mengirit pengeluaran.

Mi instan memuaskan ngidam makanan gurih

Tiba-tiba Ibu ingin makanan berat yang enak-enak, tapi sisa uang bulanan kurang dari Rp10 ribu? Jangan khawatir, kegurihan mi instan bakal memuaskan lidahmu seketika. Coba deh, masak mi instan dengan menambahkan bahan-bahan yang masih tersisa di kulkas. Seperti daun bawang, cabai, dan sedikit sayuran. Hidangan berat ini pun terlihat spesial meski Ibu sedang melalui beratnya tanggal tua.

Biskuit dan wafer untuk menggantikan keinginan jajanan manis

Camilan yang biasa kita beli lewat aplikasi online bisa kita gantikan dengan biskuit, wafer, atau makanan ringan lainnya yang dijual di minimarket. Cari sebungkus camilan yang berlapis cokelat kalau Ibu lagi ingin makan kudapan bernuansa cokelat. Dengan begitu, kita bisa mendapatkan porsinya lebih banyak ketimbang beli camilan di aplikasi online, misalnya, yang porsinya sedikit, tapi lebih mahal.

Balur minyak urut saat badan ingin dipijat

Badan rasanya enggak karuan karena masuk angin dan otot tegang. Sementara, Ibu tak sanggup memesan layanan pijat dari aplikasi online karena uang bulanan sudah kritis. Jangan khawatir, Ibu bisa kerokan dan memijit badan sendiri berbekal minyak gosok-pijat-urut, kok. Yah, memang sulit untuk menjangkau seluruh tubuh sendiri, sih. Tapi, setidaknya Ibu bisa sedikit menyamankan bagian tubuh yang masih bisa dijangkau, kan? Efek minyak gosok itu lumayan bekerja, lho. Setelah minyak dibalur, badan merasakan efek hangat yang menyamankan sementara waktu.

Tetap cantik berkat produk lulur dan masker wajah minimarket

Ingin tampil bersih, wangi, dan percaya diri, tapi urung ke salon karena dompet menipis? Silakan berkunjung ke rak produk kosmetik di minimarket. FYI, ada lho, lulur dan masker wajah yang harganya di bawah Rp 10 ribu. Ibu bisa luluran atau maskeran kilat saat punya waktu luang. Saat suami pulang, kulit sudah kinclong meski lagi tanggal tua, kan.

(Febi/Dok. Shutterstock)

Share This: