Profesi IRT Membuat Elvina IMC Semangat Belajar

By Febi Purnamasari | Published 4th March 2019

Profesi ibu rumah tangga IRT membuat Pendiri IndonesiaMontessori.Com Elvina Lim Kusumo lebih semangat belajar

Metode Montessori tengah naik daun di Indonesia dan salah satu Montessori Educator yang terkenal adalah Elvina Lim Kusumo alias Elvina IMC. Perempuan yang akrab disapa Vina ini merupakan pendiri IndonesiaMontessori.Com (IMC), yakni situs yang membahas seluk-beluk metode Montessori dan berbasis komunitas.

Kecintaan Vina terhadap metode Montessori berawal dari kesehariannya membaca buku maupun artikel seputar pendidikan anak usia dini dari ruang penyimpanan baju (closet) di rumahnya. Di sana, ia bisa belajar dengan tenang saat anaknya, Caleb Kusumo, masih terlelap saat subuh atau tidur siang. Profesinya sebagai ibu rumah tangga membuat perempuan yang juga dikenal dengan sebutan Mom C ini termotivasi untuk belajar lebih banyak lagi. Ia juga menjalankan perannya tersebut dengan sepenuh hati.

Parentalk berkesempatan mewawancarai Mom C awal Januari lalu saat ia meluncurkan buku seri IMC Little Scientist di Gramedia Central Park Mall, Jakarta Barat pada 6 januari 2018. Semoga kisah Mom C ini membuat kamu lebih bersemangat menjalankan peran sebagai ibu, ya!

Latar belakang pendidikan, bekal mendidik buah hati

Elvina menempuh pendidikan di Purdue Univerisity untuk bidang Food Science, Food Manufacturing Operation, dan Agricultural Business. Sepulangnya ke Indonesia, Vina membantu usaha batik orang tuanya selama dua tahun. Setelah menikah, Vina tak lantas mengejar karier sesuai latar belakang pendidikannya karena harus ikut sang suami, Andy Kusumo, bekerja di Amerika Serikat pada 2010.

“Visa saya itu visa spouse jadi tidak diperbolehkan bekerja. Saat itu kan Amerika lagi krisis juga, jadi mereka lebih mengutamakan penduduk sana untuk mendapatkan pekerjaan. Pada saat tidak melanjutkan apa yang telah dipelajari di kampus, saya menemukan berbagai passion lain di luar itu. Salah satunya ini (pendidikan anak usia dini),” kenang Elvina kepada Parentalk.

Passion Vina di pendidikan anak usia dini pun ia terapkan ke buah hatinya. Terlebih, berbekal keahlian di bidang Ilmu dan Teknologi Pangan, Vina lebih mudah mendapatkan inspirasi dalam menyediakan kegiatan-kegiatan untuk Caleb. Terutama, kegiatan-kegiatan yang bertemakan STEAM (Science, Technologies, Engineering+Arts, Math) juga aneka permainan sensoris.

Makin semangat belajar dan berbagi

Saat Caleb berusia setahun, Vina menempuh pendidikan Montessori dan memperoleh gelar sarjana pendidikan dari North American Montessori untuk bidang Montessori Early Childhood Education and Teaching pada 2015. Hasil pembelajaran pun ia terapkan untuk Caleb melalui home schooling. Ia juga sering mebagikan ide-ide kegiatan Caleb melalui situs IMC.

Seiring bertambahnya usia si kecil, Vina semakin produktif. Ia telah menerbitkan beberapa seri buku seperti Montessori di Rumah dan IMC Little Scientist. Ia juga berbagi perjalanannya menjadi ibu lewat buku Real Mom, Real Journey.

Profesi ibu rumah tangga IRT membuat Pendiri IndonesiaMontessori.Com Elvina Lim Kusumo lebih semangat belajar

Selain itu, situs IMC yang ia rintis juga telah menjangkau jutaan pembaca. Ia juga rutin menggelar sesi-sesi diskusi bersama para pengikutnya untuk berbagi pengetahuan seputar pendidikan anak usia dini.

Orang tua, sumber insipirasi utama 

Sudah sejak lama Vina menyadari panggilan hidupnya sebagai seorang ibu dan mengurus anak di rumah. Profesi mulia yang juga dijalankan oleh ibu kandung dan ibu mertuanya.

“Kenangan masa kecil begitu indah dan membuat saya ingin mengulang masa-masa yang saya lalui bersama ibu saya tersebut dengan Caleb dan adik-adiknya,” tulis Vina dala bukunya, Montessori di Rumah: 55 Keterampilan Hidup.

Dengan banyak belajar, Vina berharap dapat terus memperbaiki diri demi anak dan keluarga karena menjadi ibu tak semudah yang ia bayangkan sebelumnya.

“Motherhood is a choice you make every day, to put someone else’s happiness and well-being ahead of your own, to teach the hard lessons, to do the right thing even when you’re not sure what the right thing is, and to forgive yourself, over and over again, for doing everything wrong.” – Elvina Lim Kusumo, Pendiri IndonesiaMontessori.Com

(Febi/Dok. Erlangga for Kids)

Share This: