Manfaat Vitamin C hingga K bagi Bumil

By Febi Purnamasari | Published 11th April 2018

Kenali berbagai jenis penganan yang memberikan manfaat vitamin C hingga K (Dok. Pixabay)Kali ini Parentalk mau melengkapi jenis-jenis vitamin yang memelihara kesehatan ibu hamil maupun janin. Berikut adalah manfaat vitamin C hingga vitamin K bagi bumil beserta jenis penganannya yang kami rangkum dari buku 9 Bulan yang Menakjubkan oleh Bonny D. Hall, dkk.

Vitamin C (asam askorbat)

Vitamin C memang terkenal akan khasiatnya dalam membantu tubuh melawan infeksi dan mengoptimalkan penyerapan zat besi di usus. Asam askorbat juga berfungsi sebagai penyembuh luka serta penawar racun. Selain itu, vitamin C ternyata dapat membentuk plasenta yang kuat, lho. Ragam khasiatnya bisa kamu peroleh dari jeruk, buah segar, juga sayuran berwarna merah, kuning, dan hijau. Dalam sehari, kamu bisa mengonsumsi dua porsi dari aneka makanan tersebut, ya.

Vitamin D (kalsiferol)

Kalsiferol membantu penyerapan kalsium di usus juga masuknya kalsium dari darah serta jaringan ke sel-sel tulang. Dengan begitu, tulang menjadi kuat! Vitamin D pun sangat penting bagi bumil yang menanggung beban kandungan selama sembilan bulan. Jadi, rutinlah minum susu yang diperkaya vitamin D dan minyak ikan juga mengonsumi ikan berlemak, telur, dan mentega.

Kenali berbagai jenis penganan yang memberikan manfaat vitamin C hingga K (Dok. Pixabay)

Vitamin E

Kandungannya dapat menjaga keutuhan dinding sel dan melindungi beberapa jenis asam lemak ini bisa kamu temukan pada gandum juga tauge.

Vitamin K

Salah satu manfaatnya adalah membantu proses pembekuan darah. Untuk memperoleh vitamin K, kamu bisa mengonsumsi sayuran hijau. Nantinya vitamin ini dibentuk pada tubuh dari kuman yang hidup dalam usus.

Kenali berbagai jenis penganan yang memberikan manfaat vitamin C hingga K (Dok. Pixabay)

Jadi, mulai sekarang bumil bisa menyetok jenis-jenis makanan yang disebutkan pada artikel ini dan Pentingnya Vitamin A dan B Saat Hamil. Telur, susu, sayuran hijau, kacang-kacangan, gandum, dan hati kayaknya harus siap sedia di kulkas, nih.

Pilih makanan berkualitas

Selain memperhatikan nutrisi vitamin, pilihlah juga makanan yang berkualitas. Misal, utamakan telur yang difortifikasi omega 3, sayuran berwarna jenis organik, serta buah-buahan segar dan berwarna. Khusus buah, jangan lupa mencucinya dengan bersih menggunakan sabun khusus buah dan sayur untuk membuang lapisan lilinnya.

Jika khawatir dengan cemaran air laut, ibu hamil dapat mengutamakan ikan darat, sementara kebutuhan omega 3 dapat dipenuhi dengan suplemen sesuai anjuran dokter.

Suplemen juga penting

Suplemen dari dokter berguna untuk memastikan kecukupan gizi ibu hamil karena mengandung multivitamin dan mineral (A, B, E, kalsium, magnesium) juga asam folat. Apalagi, jika gaya hidup dan pola makan bumil sebelum atau selama hamil kurang baik. Jadi, meski kamu tidak suka bau maupun ukurannya yang kegedean, habiskan ya, Bu!

(Febi/ Dok. Pixabay)

Share This:

comment :

Leave a Reply

Your email address will not be published.