Manfaat Ajak Anak ke Pesta Kostum

By admin | Published 30th October 2019

Pernah ajak Si Kecil ke pesta kostum? Kalau belum, kamu perlu mempertimbangkannya nih. Lewat acara seperti pesta kostum, anak dapat belajar banyak hal, seperti berikut:

  1. Mengambil keputusan

Sebelum datang ke pesta kostum, pastinya kamu memikirkan soal kostum yang akan dipakai oleh Si Kecil. Nah, momen ini jadi salah satu cara untuk mengajak anak belajar mengambil keputusan.

Anak yang berusia 3 tahun biasanya sudah punya tokoh favorit dari film kartun atau mainan yang ingin dia tiru lewat kostum. Kamu bisa mulai bertanya, “mau pakai kostum apa Nak?” Selain itu, bisa juga kamu memberi pilihan, “Mau pakai kostum A atau B?”, “Warna apa?”

Dengan menanyakan hal ini, secara tidak langsung kamu mengajarkan dia untuk berani ambil keputusan.

2. Berimajinasi

Saat anak mengikuti pesta kostum, ajak anak untuk bergaya sesuai tokoh yang dia perankan. Misal, dia memilih kostum superhero, biarkan Si Kecil ber-acting seolah-olah dia menjadi tokoh tersebut. Dengan memancing imajinasi anak, anak dapat menjadi lebih kreatif dan pikirannya terus terstimulasi.

3. Melatih kemampuan bahasa

Selain meniru dari sisi luar atau kostumnya, anak juga dapat mengikuti gaya bahasa dari tokoh yang dia perankan. Lewat hal ini, kemampuan bicara dan bahasa anak dapat terlatih. Kemampuan bahasanya juga terstimulasi lewat komunikasi dengan peserta lain yang mengikuti pesta kostum.

4. Membangun rasa percaya diri

Bayangkan, orang dewasa saja butuh kepercayaan diri untuk tampil di depan umum. Hal ini juga berlaku untuk anak-anak. Tapi lewat event menarik seperti pesta kostum, kamu dapat melatih Si Kecil agar berani tampil.

Tipsnya, agar anak lebih percaya diri, biarkan dia memilih kostum atau tokoh yang ingin dia perankan. Jadi anak akan nyaman selama beraktivitas di pesta kostum.

5. Melatih kekompakan keluarga

Saat Si Kecil mengikuti pesta kostum, biasanya orang tua bakal super sibuk menyiapkan. Aktivitas ini pun dapat melatih kekompakan keluarga. Misal, ibu menyiapkan aksesoris, ayah yang menyiapkan kostum utamanya.

Selain itu, kekompakan antar anggota keluarga juga bisa terbentuk dengan mengikuti pesta kostum keluarga. Seperti ‘Miniapolis Halloween Party’ yang diadakan oleh Miniapolis Playground di seluruh cabangnya pada 19, 26-27 Oktober 2019. Dalam rangka merayakan Halloween, playground ini mengajak para keluarga untuk berpartisipasi dalam Couple Costum Competition. Di sini, kostum dan riasan Halloween tidak harus seram, asalkan kompak dengan keluarga.

“Biasanya kami ada tema khusus. Tapi kali ini kami memberikan ruang untuk berkreasi, syaratnya hanya kompak dan berpasangan. Bisa Adik-Kakak, Ayah-Anak atau Ibu-Anak, agar suasana akrab dan jadi bonding time keluarga. Miniapolis menilai dari keunikan dan kekompakan,” kata Atina Mardhatilla, Kepala Department Marketing Miniapolis.

Bagaimana tertarik untuk ajak Si Kecil ke pesta kostum? Kamu bisa mengikuti event-event yang sering diadakan untuk anak. Selain itu, bisa juga mengadakan pesta kostum sendiri dengan mengajak keluarga lain yang anaknya seusia dengan Si Kecil. Selamat berpesta kostum!

Share This: