Tips Membantu Anak Remaja Kamu Aman di Instagram

By admin | Published 25th September 2019

Millennial parents, pasti kamu sudah akrab dengan Instagram kan? Yap, media sosial satu ini memang gak lepas dari kehidupan kita sehari-hari, termasuk dalam kehidupan anak-anak remaja kita. Para remaja umumnya menggunakan Instagram untuk membagikan momen sehari-hari, merayakan momen penting, mencari informasi, terhubung dengan orang maupun hal-hal yang sesuai dengan minat mereka.

Sebagai orang tua dari generasi yang hidupnya sangat bergantung pada teknologi, kita memiliki tanggung jawab dan tantangan tersendiri nih untuk memastikan keamanan anak remaja kita di dunia maya. Itulah sebabnya, sangat penting bagi para orang tua untuk memahami aktivitas online yang dilakukan anak remajanya di media sosial seperti Instagram. Yuk cari tahu tips biar kita dan anak-anak remaja kita tetap #AmandiInstagram:

1. Baca Panduan Instagram Untuk Orang Tua

Katanya tak kenal maka tak sayang kan? Nah, untuk tahu berbagai informasi seputar penggunaan Instagram, kamu bisa mempelajarinya di Panduan Instagram Untuk Orang Tua. Dalam panduan ini, kamu bisa mempelajari cara mengelola interaksi, privasi dan waktu penggunaan Instagram. Sehingga, kamu bisa membantu anak remaja kamu mengendalikan pengalaman online mereka di Instagram.

Instagram juga menyediakan 10 pertanyaan yang bisa kamu pakai untuk memulai interaksi soal penggunaan medial sosial yang bijak dengan anak remaja kamu. Kamu bisa download Panduan Instagram untuk Orang Tua di sini.

2. Eksplorasi bersama

Setelah mempelajari fitur-fitur yang ada di Instagram, ajak anak remaja kamu untuk mengeksplor semua fitur itu bersama-sama. Kamu bisa memanfaatkan waktu saat kumpul keluarga untuk membahas topik ini secara santai dan menyenangkan.

Momen ini bisa kamu gunakan untuk mengedukasi anak remaja kamu tentang cara penggunaan media sosial yang positif dan bijak. Bicarakan batasan-batasan media sosial yang perlu kalian sepakati bersama.  

3. Jadilah teman untuk anak remaja kamu

Berusahalah untuk menjadi teman yang baik dan menyenangkan bagi anak remaja kamu. Beri tahu mereka, kalau kamu tahu pengalaman menyenangkan yang bisa didapatkan di media sosial. Tapi beritahu juga dampak negatif yang mungkin muncul. Pastikan dia tahu kalau kamu, sebagai orang tua, siap mendengar cerita tentang aktivitas mereka di dunia maya. Kamu juga akan selalu siap membantu mereka jika mereka mengalami pengalaman yang kurang menyenangkan di media sosial.

Yuk download Panduan Instagram Untuk Orang Tua, agar anak remaja kamu #AmandiMedSos dan #AmandiInstagram.

Share This: