Yuk, Atur Keuangan Menghadapi Libur Panjang

By Febi Purnamasari | Published 16th August 2018

Alokasi biaya liburan sangat penting untuk direncanakan sebelumnya (Dok. Shutterstock)

Libur telah tiba. Libur telah tiba. Hore! Hore!

Di bulan Agustus ini setidaknya ada dua hari libur nasional yang berdekatan sehingga menciptakan long weekend. Sebagian Ayah dan Ibu pun mungkin sudah enggak sabar untuk mengagendakan liburan.

Eits, tunggu dulu! Setelah menjadi orang tua, agenda liburan tak sekadar bersenang-senang, lho, tapi juga mengatur strategi agar kondisi keuangan keluarga tetap aman terkendali. Menurut Praktisi Keuangan Hon Nie, alokasi biaya liburan sangat penting untuk direncanakan sebelumnya. Hon Nie pun mengajak #MillennialParents untuk atur keuangan menghadapi libur panjang.

‘Pinjam’ tabungan/dana darurat boleh, asalkan…

Idealnya sih, bujet liburan sudah dipersiapkan dan ditabung jauh hari. Apalagi, kita sebenarnya sudah dapat memantau kehadiran long weekend sejak pergantian tahun. Tapi, bagaimana kalau Ayah atau Ibu belum memiliki bujet liburan?

“Kalaupun belum ada bujetnya, kita boleh ‘pinjam’ dulu uang yang ada di tabungan, tapi harus dikembalikan sesegera mungkin dan jangan terlena, ‘Oh, sudah selesai nih, liburannya.’ Lalu, lupa bahwa tabungannya tahu-tahu semakin menipis gara-gara liburan terus,” jelas Hon Nie kepada Parentalk.

Selain tabungan, Ayah dan Ibu juga bisa ‘meminjam’ dana darurat untuk liburan. Dengan catatan, kebutuhan untuk piknik sudah sangat mendesak, misal, karena stres. Prinsipnya pun sama, dana darurat harus segera dikembalikan. Jangan sampai dana darurat semakin tipis, sementara kamu berasumsi pos tersebut tidak pernah terpakai. Ingatlah selalu bahwa situasi darurat tidak pernah terduga. Jadi, nominal dana darurat harus selalu aman.

Pilih salah satu rentang libur panjang

Kalau ada long weekend dalam waktu berdekatan, Ayah dan Ibu pilih saja salah satu di antaranya untuk liburan di luar kota. Misal, jika mau berlibur di luar kota minggu ini, berarti minggu depan kalian enggak ke luar kota.

Pilih paket liburan

Beberapa layanan online pencarian dan pemesanan tiket pesawat dan hotel ternyata menyuguhkan penawaran paket liburan yang menggiurkan. Sebut saja, Traveloka dan Air Asia.

“Misalnya, kita beli tiket pesawat pulang pergi katakan Rp700 ribu. Ini (di Traveloka) Rp700 ribu bisa termasuk pesawat dan penginapan,” jelas Hon Nie.

Liburan di dalam kota lebih hemat lagi

Liburan di dalam kota ternyata juga mengasyikkan, lho! Kalau ada rezeki lebih, kamu bisa mengalokasikan biaya ekstra untuk menonton film animasi keluaran terbaru bersama anak di bioskop atau berwisata di taman hiburan. Contohnya, Ancol dan Taman Mini Indonesia Indah.

Bila kondisi finansial lagi pas-pasan, kamu bisa menikmati tempat wisata yang dikelola pemerintah setempat. Mulai dari museum, RPTRA, perpustakaan, sampai kawasan Kota Tua. Kamu juga dapat menjelajahi kampung-kampung etnis tertentu. Misal, kawasan pecinan, kampung Betawi, dan sebagainya. Kalau kamu warga Jakarta, berkeliling pusat kota dengan bus tingkat gratis dan menemani Si Kecil berkunjung ke Perpustakaan Nasional bisa menja.di agenda yang seru, tuh!

Belum lagi, baru-baru ini, atraksi video mapping, laser, dan air mancur menari hadir di kawasan Monumen Nasional (Monas). Pengunjung dapat menikmatinya secara gratis selama Asian Games 2018.

Selamat merencanakan liburan, Parents!

(Febi/Dok. Shutterstock)

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published.