Rayakan Ulang Tahun Anak dengan Birthday Fundraising

By Febi Purnamasari | Published 21st December 2018

 Indahnya merayakan ulang tahun dengan menyalurkan donasi pribadi lewat LSM atau birthday fundraising melalui situs penggalangan dana (Dok.

Di penghujung 2018, saya meninjau kembali hal-hal yang menjadi tren dunia parenting tahun ini. Nah, merayakan ulang tahun dengan berbagi salah satunya. Mulai dari menyalurkan donasi pribadi lewat LSM sampai birthday fundraising melalui situs penggalangan dana.

Birthday fundraising adalah penggalangan donasi dalam rangka merayakan momen ulang tahun seseorang. Alih-alih menggelar pesta mewah, sejumlah artis Tanah Air merayakan ulang tahun buah hati mereka dengan cara ini. Misalnya saja, penyanyi Andien Aisyah yang meggiatkan birthday fundraising untuk anak semata wayangnya, Kawa alias Anaku Askara Biru. Kawa berulang tahun yang kesatu pada 7 Januari 2018. Penggalangan dana untuk momen ulang tahun Kawa saat itu ditujukan untuk anak-anak pejuang kanker di Yayasan Pita Kuning lewat situs Kitabisa.com.

Berdasarkan Kitabisa.com, Andien berhasil menghimpun donasi lebih dari Rp142 juta pada momen ulang tahun perdana Kawa, lho.

Birthday fundraising menyatukan tradisi keluarga

Ide penggalangan dana ini muncul karena adanya perbedaan tradisi ulang tahun di keluarga Andien dan suaminya, Irfan Wahyudi alias Ippe.

“Suamiku, Mas Ippe, dia enggak punya tradisi untuk merayakan ulang tahun. Beda banget sama keluarga aku. Kalau aku, ulang tahun pertama sampai kelima itu dirayakan. Jadi pas pacaran, kalau aku sukanya ngasih surprise buat Mas Ippe dan dia sebal banget karena enggak suka ulang tahun dirayakan. Kalau aku ingin dirayakan, tapi enggak pernah dikasih surprise,” jelas Andien saat live Instagram bersama Parentalk akhir Desember 2018.

Pembicaraan lebih lanjut pun membuahkan keputusan untuk merayakan ulang tahun Kawa lewat penggalangan donasi saja. Akhirnya dirayakan, namun tetap bernuansa sederhana.

Tren rayakan ulang tahun dengan berbagi

Selain Andien, ada juga pasangan artis Cynthia Lamusu dan Surya Saputra yang berhasil mengumpulkan Rp 141 juta untuk bayi-bayi pejuang NICU di momen ulang tahun pertama buah hati mereka, Tatjana dan Bima.

“Ini menjadi momen untuk mengajak teman-temannya berbuat kebaikan. Trennya, alhamdulillah, oke banget. Setiap bulan tuh ada sepuluh birthday fundraising campaign dan itu tujuannya macam-macam,” jelas CEO Kitabisa.com Alfatih Timur pada Siaran Pers “Melawan Dunia by RAN ft Yura Yunita x AFF” pertengahan Januari 2018.

 Indahnya merayakan ulang tahun dengan menyalurkan donasi pribadi lewat LSM atau birthday fundraising melalui situs penggalangan dana (Dok.tatjanadanbima)

Memanfaatkan situs penggalangan dana

Selain menyebarkan semangat kepedulian, birthday fundraising untuk ulang tahun juga mudah. Caranya, cukup membuat halaman di situs penggalangan dana kemudian memaparkan latar belakang inisiatif aksi sosial tersebut.

“Semuanya online. Jadi, tinggal buka ‘Kitabisa Galang Dana’ dan untuk donasi yang akan diberikan tergantung yang menggalang,” jelas Alfatih.

Biasanya penggalang dana sudah memiliki referensi lembaga atau pihak yang akan menjadi penerima donasi.

“Tapi, kalau bingung dan enggak ada informasi, bisa tanya ke Kitabisa.com, nanti kami hubungkan ke komunitas maupun lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang sudah punya kegiatan sosial,” lanjut Alfatih.

Namun, kampanye di situs Kitabisa.com harus melalui verifikasi terlebih dulu sebelum dana kemudian diteruskan ke penggalang donasi. Pokoknya, penggalang dana harus transparan dan rutin memperbarui informasi serinci mungkin untuk melancarkan pencairan donasi.

Menyalurkan donasi pribadi lewat LSM

Ada lagi alternatif lain untuk merayakan ulang tahun dengan berbagi. Bisa dibilang, cara ini lebih mudah ketimbang melakukan penggalangan dana secara pribadi, yakni dengan menyalurkan donasi.

 Indahnya merayakan ulang tahun dengan menyalurkan donasi pribadi lewat LSM atau birthday fundraising melalui situs penggalangan dana (Dok. Instagram/andienippekawa)

Salah satu LSM yang kerap menyalurkan donasi untuk momen ulang tahun adalah Sekolah Relawan. Lembaga sosial kemanusiaan ini punya beberapa program kece yang bisa memfasilitasi niatan kamu untuk berbagi di momen ulang tahun. Misalnya, Free Food Car, program pelayanan makan gratis bagi dhuafa, yatim, musafir, fakir, dan miskin. Sesuai namanya, program ini bersifat mobile (bergerak) untuk menjangkau daerah-daerah tertentu sesuai target penerima manfaat. Untuk mengadakan Free Food Car spesial ulang tahun, donatur dapat menyumbang Rp 2 juta untuk 100 porsi makanan gratis berupa nasi dan lauk. Kalau mau lebih, juga bisa!

Merayakan ulang tahun Si Kecil dengan berbagi terasa lebih berkah dan berkesan, ya. Momen tersebut tentu akan meninggalkan cerita istimewa sekaligus mengajarkan pada buah hati akan pentingnya sifat peduli pada sesama.

Menurut Parents, apakah birthday fundraising tetap diminati di tahun 2019?

(Febi/ Dok. Instagram/andienippekawa, Instagram/tatjanadanbima & Sekolah Relawan)

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published.