Momnesia, Alasan Kenapa Ibu Hamil Jadi Gampang Lupa

By Putu Dyah | Published 8th May 2018

Apa waktu hamil kamu jadi orang yang gampang banget lupa? Bahkan kamu enggak ingat sama hal simpel, seperti letak pulpen yang baru saja dipakai, barang apa yang mau kamu beli di toko atau sudah mengunci pintu apa belum ya. Gangguan mengingat ini disebut pregnancy brain. Ada juga yang menyebutnya momnesia, gabungan dari mom and amnesia.

Dalam What to Expect disebutkan, kebanyakan ibu hamil mengalami hal ini saat trimester ketiga kehamilannya. Selain itu ada fakta yang unik nih. Berdasarkan hasil beberapa eksperimen, momnesia lebih banyak dialami ibu yang hamil anak perempuan dibandingkan mereka yang hamil anak laki-laki.

Kenapa bisa terjadi momnesia?

Seperti kebanyakan ‘kondisi unik’ di masa kehamilan, momnesia dipengaruhi sama faktor hormon. Dimana tingginya hormon progesteron dan oksitosin dapat mempengaruhi daya ingat dan menimbulkan efek amnesia.

Gampang lupa saat hamil juga bisa disebabkan karena ibu cenderung merasa cemas sama kondisi kehamilannya. Atau jam tidurnya tidak mencukupi jadi susah buat fokus. Pada beberapa kasus, ada pula yang terjadi karena kurang zat besi atau anemia.

Di situs Baby Center disebutkan, daya ingat wanita hamil memang enggak sekuat mereka yang tidak hamil. Kenapa? Karena volume otak ibu hamil jadi lebih kecil, terutama saat trimester ketiga. Makanya enggak heran kalau kamu jadi gampang lupa.

Tapi bumil bisa tetap tenang kok. Volume otak kamu akan kembali normal beberapa bulan setelah melahirkan. Kemampuan mengingat pun bakal berangsur pulih.

Siasat biar enggak gampang lupa

Walaupun simpel dan termasuk hal biasa, tapi kalau terus-terusan terjadi pastinya bisa menganggu aktivitas kamu sehari-hari. Nah, lima cara ini bisa kamu lakukan buat mensiasati momnesia atau pregnancy brain:

Catat hal penting

Misalnya kamu punya jadwal rapat, atau ada list barang yang mau dibeli, coba kamu catat hal-hal penting itu deh. Kamu bisa memanfaatkan cara manual seperti menulis di notebook atau menempel sticky notes di area yang gampang terlihat di rumah.

Catat hal penting di gadget atau notes. (Dok: Pixabay)

Cara lainnya, manfaatkan gadget. Misalnya dengan mencatat agenda di aplikasi kalender atau buat notes di handphone dan atur notifikasinya.

Make it simple

Banyak perempuan yang suka multitasking. Dalam satu waktu, bisa saja ada banyak agenda yang dikerjakan. Tapi kalau lagi hamil dan kamu mulai mengalami pregnancy brain, enggak ada salahnya kok buat membuat keperluan kamu jadi lebih simpel.

Contohnya, kalau kamu mau punya beberapa tugas di kantor. Atur pekerjaan mana yang jadi prioritas dan butuh perhatian khusus. Dengan begitu pikiran kamu enggak mudah terpecah dan bisa lebih fokus.

Satukan benda penting

Kalau kamu membawa kunci rumah, kunci kendaraan dan benda lain yang penting, coba satukan semuanya di satu tempat. Jadi, pas lagi butuh, kamu enggak bingung lagi mencarinya. Tapiii jangan sampai kamu lupa dimana menaruh wadah semua benda penting ini ya.

Atur gaya hidup

Cukup tidur, menjaga pola makan dan olahraga, penting buat menjaga daya ingat kamu. Untuk pola makan, perbanyak konsumsi daging merah dan sayuran hijau yang bisa mencegah kekurangan zat besi. Zat ini penting untuk kerja sel saraf dan otak.

Sementara rutin olahraga dapat membantu pertajam daya ingat dan memperbaiki pola tidur. Dengan begitu, kamu bisa lebih fokus dalam beraktivitas.

Rileks

Rasa cemas dan stres saat hamil bisa memperparah pregnancy brain yang kamu alami. Jadi, selama mengalami kondisi ini, dibawa santai saja ya Bu. Pikiran yang rileks dan tenang bisa membuat pikiran kamu lebih jernih.

Buat kamu yang merasakan gejala momnesia, jangan ragu buat minta bantuan orang-0rang dekat seperti suami, keluarga atau teman kantor buat mengingatkan hal-hal penting. Anggap saja fase-fase amnesia ini adalah kondisi yang unik, lucu dan bakal kamu ingat setelah si kecil lahir nanti.

(Dyah/ Dok: Pixabay, Shutterstock)

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published.