Mitosnya Ibu Hamil Tidak Boleh Makan Buah Nanas, Masa Sih?

By Putu Dyah | Published 26th March 2018

Buah nanas biasanya dihindari ibu hamil karena dianggap berbahaya bagi janin. Benarkah? Padahal buah berwarna kuning ini kaya kandungan vitamin C yang baik buat ibu dan janin.

Ada apa di buah nanas?

Nanas kaya akan vitamin C, mangan, tembaga, vitamin B1, B6, juga serat. Kandungan didalamnya bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, sumber antioksidan juga melancarkan sistem pencernaan.

Dalam situs World Healthiest Food, disebutkan kalau di buah ini terdapat enzim bromelain yang baik untuk melancarkan pencernaan. Sari buahnya pun banyak dipakai untuk suplemen diet.

Mitos nanas menyebabkan keguguran

Nanas sering disebut sebagai buah yang bisa menyebabkan keguguran. Akhirnya tidak sedikit ibu hamil yang menghindari konsumsinya.

Menurut dr. Benny Johan Manurung, Sp.OG., buah ini dapat dimakan oleh ibu hamil. Tapi tetap ada yang perlu diperhatikan nih.

“Pada dasarnya semua buah baik, termasuk nanas yang kandungan vitamin C-nya bagus untuk ibu hamil. Tapi pilih yang matang, bukan nanas muda dan jangan berlebihan,” kata dokter Benny.

Di situs Baby Center juga dijelaskan bahwa kandungan enzim bromelain pada nanas dapat memicu kontraksi rahim. Jadi berpotensi mengakibatkan keguguran pada kandungan yang masih muda atau kontraksi dini di kehamilan yang sudah memasuki trimester ketiga. Tapi riset tentang ini baru dilakukan dalam skala kecil.

Ibu tetap bisa memakan buah nanas dengan tenang kok. Karena kandungan enzim bromelain dalam nanas biasanya hanya sedikit. Setidaknya dibutuhkan konsumsi delapan nanas untuk menimbulkan efek kontraksi di rahim.

Selain mengatur banyaknya nanas yang dikonsumsi, sebaiknya Ibu juga memilih nanas yang sudah matang. Kandungan enzim bromelain di nanas matang lebih sedikit dibandingkan nanas yang masih muda.

Manfaat buah nanas untuk ibu hamil

Nanas bukan berarti tidak bermanfaat untuk ibu hamil. Konsumsi nanas juga menambah asupan asam folat, zat besi, magnesium dan beragam vitamin yang berguna untuk perkembangan janin.

Buat para ibu yang sudah mendekati hari perkiraan lahir (HPL) tapi belum juga merasakan tanda-tanda kontraksi, biasanya disarankan untuk memakan buah nanas. Enzim bromelain di nanas bisa menimbulkan efek mulas atau kontraksi rahim.

Tapi ada juga teori yang bilang kalau rasa mulas itu muncul jika kita terlalu banyak memakan nanas. Sensasi sakit perut muncul karena stimulasi di usus atau sistem pencernaan kita.

Bukti ilmiah tentang nanas dan resiko keguguran memang belum jelas, Tapi kandungan vitamin dan mineral di dalamnya jelas bermanfaat buat tubuh ibu hamil dan janin.

Saat memakan buah nanas, pilih buah yang masih segar, bukan produk kalengan. Kemudian, makanlah seluruh bagian dari buah ini agar mendapat manfaatnya secara optimal. Dan ingat untuk tidak makan berlebihan ya. Imbangi juga dengan konsumsi buah, sayuran atau bahan makanan lain untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil.

(Dyah/ Foto: Pixabay)

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published.