Mitos vs Fakta: Perut Ibu Hamil Gatal karena Rambut Bayi Tumbuh?

By Putu Dyah | Published 7th May 2018

Hayo para bumil, pasti banyak deh di antara kamu yang suka merasa gatal di perut dan enggak tahan banget buat menggaruknya. Kalau kata orang tua zaman dulu, perut ibu hamil terasa gatal karena rambut bayi lagi tumbuh terus gelitikin perut. Tapi apa iya, rambut bayi di dalam rahim bisa bikin perut kita gatal?

Faktanya, enggak ada hubungan antara rasa gatal di perut sama rambut janin yang tumbuh.
Dalam situs What to Expect dijelaskan kalau sensasi gatal ini terjadi karena kulit perut kita yang melar atau ketarik seiring makin besarnya janin. Hal ini dipengaruhi oleh kondisi hormonal. Dan biasa dialami ibu hamil saat minggu ke-23 atau sekitar trimester 2 dan 3 masa kehamilan.

Perut ibu yang gatal bukan disebabkan pertumbuhan rambut calon bayi di perut. (Dok: Pixabay)

Selain itu, kulit perut Ibu juga lebih kering karena kelembaban alaminya berkurang. Hasilnya jadi ada sensasi rasa gatal yang enggak nyaman itu deh. Selain di perut, kadang ada juga ibu hamil yang merasakan hal ini di kulit sekitar payudaranya.

Terus bagaimana cara mengatasinya?

Kalau perut ibu terasa gatal, usahakan banget buat enggak menggaruknya ya. Kenapa? Karena kalau digaruk, berpotensi menimbulkan stretch mark yang bikin perut ibu jadi enggak mulus lagi.

Jadi, kalau gatal, lebih baik dielus-elus lembut saja. Terus biar lebih nyaman, Ibu bisa mengoleskan minyak zaitun di area perut. Selain itu boleh juga memakai minyak alami lain yang kaya kandungan vitamin E untuk menjaga kesehatan kulit.

Buat menjaga kelembaban kulit, kamu sebaiknya rutin mengoleskan pelembab. Cara ini bermanfaat untuk menghindari kulit kering, sekaligus meminimalisir rasa gatal.

Saat mandi, kamu dapat menscrub kulit dengan oatmeal bath dan air hangat. Air hangat yaa jangan air panas. Karena kalau terlalu panas malah bisa bikin kulit kamu semakin kering.

Kamu sebaiknya juga memakai baju dengan bahan yang menyerap keringat. Jadi walaupun ada rasa gatal, enggak timbul iritasi pada kulit di perut.

Waspada kalau gatalnya makin menjadi

Meski rasa gatal di perut terbilang normal dialami para ibu hamil, ada juga sensasi gatal yang perlu perhatian khusus. Di situs The Bump disebutkan, kalau gatal saat hamil bisa juga karena alergi, choleostasis atau PUPPP (Pruritic Urticarial Papules dan Plaques during Pregnancy).

Ibu hamil yang mengalami PUPPP biasanya enggak cuma merasakan gatal di area perut dan pinggang. Tapi juga di bagian lain tubuh seperti lengan dan kaki. PUPPP seringnya menimbulkan bekas berupa red spot di kulit ibu hamil.

Kondisi ini memang menganggu dan bikin kulit terlihat seperti iritasi. Tapi tenang saja, gejala PUPPP akan hilang dengan sendirinya setelah ibu melahirkan.

Nah, sekarang sudah tahu kan kenapa perut sering terasa gatal waktu hamil? Walaupun biasa dialami bumil, sebaiknya kamu tetap tanya ke dokter kalau rasa gatal ini makin mengganggu dan menimbulkan gangguan kesehatan lain pada tubuh.

(Dyah/ Dok: Pixabay)

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published.