Fasilitas Publik Ramah Ibu dan Anak

By Febi Purnamasari | Published 4th March 2019

Sekarang kita sudah dimudahkan berbagai fasilitas publik ramah ibu dan anak (Dok. Shutterstock)

Ketika hamil atau membawa anak, berpergian keluar rumah rasanya butuh perjuangan ekstra ya, Bu. Dulu, ketika hamil dan masih bekerja, salah satu tantangan harian saya adalah naik turun tangga jembatan penyeberangan orang (JPO) dan mendapatkan tempat duduk di Trans-Jakarta. Nah, saat sudah punya anak, tantangannya adalah melibatkan Si Kecil dalam perjalanan. Makanya, sekarang saya bakal pikir dua kali jika harus berpergian ke luar rumah bila tidak ada keperluan mendesak.

Tapi, sebenarnya sekarang kita sudah dimudahkan berbagai fasilitas publik ramah ibu dan anak, lho. Harapannya, ketersediaan berbagai fasilitas ini dapat meringankan kerepotan ibu hamil maupun ibu dengan anak kecil di berbagai tempat.

Kursi dan antrean prioritas di bus dan KRL

Kursi prioritas tersedia di berbagai transportasi umum mulai dari bus Trans-Jakarta sampai Kereta Commuter Line (KCL). Orang-orang yang berhak mendapatkan kursi ini, antara lain ibu hamil dan ibu yang membawa anak.

Di Trans-Jakarta, kursi prioritas bertanda merah dan terletak di belakang sopir hingga dekat pintu. Saat berhenti di halte, petugas bus akan mendahulukan masuk penumpang prioritas seperti ibu hamil dan ibu dengan anak.

Sementara di KCL, kursi prioritas terdapat di setiap gerbong. Untuk mengenalinya, keterangan kursi prioritas biasanya tertera pada kaca jendela kereta. Kursi prioritas ini terdapat di gerbong umum maupun gerbong khusus perempuan.

Jika tidak ada penumpang yang menyadari kamu sedang hamil saat gerbong padat, sebaiknya sampaikan kondisi Ibu kepada penumpang nonprioritas atau petugas terkait. Semaikin tua usia kehamilan, kebutuhan duduk ibu hamil semakin besar karena mempengaruhi kondisi fisiknya. Mulai dari beban tulang punggung yang terasa berat sampai hambatan aliran darah balik pada bumil. Jadi, jangan sungkan untuk speak up ya, Bu!

Antrean prioritas di lift mal

Sejumlah mal besar di Jakarta telah menerapkan imbauan untuk memprioritaskan pengunjung yang membawa anak dan ibu hamil untuk keluar atau masuk lift lebih dulu. Imbauan tersebut tak hanya terpampang di depan lift, tapi juga disampaikan langsung oleh petugas yang berjaga. Beberapa mal yang menerapkan aturan ini, antara lain Pacific Place, Central Park, dan Kota Kasablanka.

Lift prioritas di JPO

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah merevitalisasi tiga JPO di kawasan Jalan Sudirman. JPO tersebut akan dilengkapi fasilitas lift untuk ibu hamil, penyandang disabilitas, dan lansia. Gubernur DKI Jakarta menargetkan revitalisasi JPO ini rampung pada akhir Desember 2018. Jadi, Bumil tak perlu kelelahan lagi naik turun tangga JPO ketika harus menyeberang atau menumpang Trans-Jakarta.

Tempat parkir prioritas

Tempat umum seperti kantor maupun mal wajib menyediakan fasilitas parkir untuk orang dengan kondisi khusus seperti hamil dan difabel, lho. Fasilitas tersebut harus ditandai dengan simbol tanda parkir khusus dan terletak pada lintasan terdekat menuju bangunan/fasilitas yang dituju dan/atau pintu parkir utama. Ketentuan ini diatur dalam Peraturan Daerah No. 5 tahun 2012 tentang Perparkiran.

Kalau Bumil lagi membawa mobil ke mal, coba deh, tanyakan dengan petugas setempat mengenai ketersediaan lahan parkir khusus tersebut.

Family room

Liburan di mal bersama buah hati tak lagi merepotkan. Soalnya, beberapa mal besar di Jakarta telah dilengkapi family room yang mengintegrasikan bilik menyusui, tempat ganti popok, wastafel, dispenser air hangat dan dingin, juga sofa empuk dalam satu ruangan. Bahkan, pada sebelah family room Lippo Mall Puri juga terdapat toilet khusus anak. Jadi, Ibu dan anak bisa lebih leluasa ketika Si Kecil harus segera menggunakan toilet.

Antrean prioritas di layanan instansi pemerintahan

Sebut saja, kantor imigrasi. Ada kabar baik nih, bagi Ibu yang hendak membuatkan paspor untuk anak berusia balita. Pasalnya, kini kantor imigrasi memberikan antrean prioritas kepada peserta balita. Jadi, antrean Si Kecil akan didahulukan untuk proses foto dan wawancara.

Ibu hamil juga dapat menikmati antrean prioritas di Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) dan Satuan Pelayanan Satu Atap Surat Izin Mengemudi (Satpas SIM), lho. Misalnya, di Samsat Jakarta Timur, ada antrean khusus untuk ibu hamil. Bumil pun tidak perlu lama mengantre dan petugas akan sigap membantu. Selain itu, ruang tunggu dengan fasilitas AC dan kursi nyaman dapat Bumil nikmati di sana. Fasilitas ramah bumil serupa juga ada di Satpas SIM Daan Mogot, Jakarta Barat. Meski begitu, pengujian tetap berjalan normal tanpa bantuan mengingat kehamilan tidak berlangsung selamanya, ya.

Referensi:

  • Artikel “Pelajari Hak-hak Ini sebagai Bumil, Mums!” pada Gue Sehat
  • “3 JPO Kekinian di Jalan Sudirman Bakal Jadi Percontohan Revitalisasi 400 Jembatan Penyeberangan” pada Tribun News
  • “Ini Alasan Medis Ibu Hamil Harus Dapat Kursi Prioritas di KRL” pada Detik Health

(Febi/Dok. Shutterstock)


Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published.