Dear Parents, Jangan Asal Mencari Info Parenting di Internet Ya!

By Putu Dyah | Published 26th March 2018

Zaman sekarang internet memang enggak bisa lepas dari kehidupan kita. Hal ini banyak dimanfaatkan para millennial parents untuk mencari info seputar parenting. Mulai dari kesehatan ibu hamil, pengasuhan anak, menjaga hubungan dengan keluarga dan banyak lagi. Tapi sebagai smart parents, tentunya kita gak asal mengakses berita. Berikut ini tips yang harus diperhatikan saat berseluncur di dunia maya:

Pilih sumber kredibel

Di internet, kamu bisa menemukan beragam informasi terkait parenting lewat media sosial, blog, YouTube atau portal berita lain. Dalam prosesnya, perhatikan sumber yang kamu baca ya. Hindari membaca info yang tidak jelas karena justru bisa bikin khawatir dan salah mengaplikasikannya.

Pastikan kamu melakukan filtrasi dengan memilih bacaan yang kredibel dan dapat dipercaya. Selain media sosial, tambah juga wawasan kamu lewat buku yang ditulis langsung oleh pakarnya.

Tetap bertanya ke pakar

Menurut Dokter Benny Johan Marpaung, yang ditemui dalam acara lima tahun Orami di Penang Bistro, Jakarta Pusat (21/2/2018), saat ini banyak orang yang langsung percaya pada informasi di internet, termasuk soal kesehatan ibu hamil, bayi dan anak-anak. Padahal itu baru deteksi awal bukan tindakan langsung terhadap kondisi seseorang

Pada beberapa kondisi krusial, kamu perlu melakukan tindak lanjut dengan mendatangi pakarnya. Lewat konsultasi langsung ke ahlinya kamu bisa mendapat penanganan yang tepat.

Manfaatkan komunitas online

Di intenet, kamu dapat menemukan beragam komunitas. Mulai dari komunitas ibu menyusui, gentle birth, kesehatan anak dan banyak lagi. Kamu bisa bergabung dalam komunitas-komunitas tersebut, untuk mendapat beragam informasi.

Asyiknya dengan menjadi anggota komunitas, kamu akan menemukan cerita-cerita nyata yang dialami anggota lain. Bisa saja masalah yang sedang kamu hadapi juga pernah dialami oleh orangtua lain. Jadi kamu enggak akan merasa sendirian karena punya teman yang senasib sepenanggungan.

Ingat kontrol diri

Kemajuan teknologi memudahkan setiap orang untuk mendapat banyak hal hanya dalam satu genggaman. Selain mengakses informasi, kamu juga bisa belanja, belajar, diskusi dan melakukan aktivitas lain dalam waktu yang tidak terbatas. Tapi tetap ingat, bahwa kehidupan kamu yang sebenarnya ada di dunia nyata.

Jangan sampai kesibukan mencari informasi pengasuhan anak, membuat kamu terlena dan membiarkan anak main sendirian. Usahakan untuk tetap mengontrol diri dan membatasi penggunaan internet saat bersama keluarga. Cara ini juga menjadi suatu upaya baik dalam mendidik anak.

Sesuaikan dengan kondisi

Di Instagram atau blog, pastinya kamu dapat membaca penjelasan A-Z seputar pengasuhan anak. Tapi jangan langsung menerimanya mentah-mentah ya. Sesuaikan info yang kamu dapat dengan kondisi anak atau keluarga kamu sendiri.

Ingat, bahwa tidak semua hal dalam dunia parenting bersifat pasti. Mungkin saja cara seseorang mengatasi GTM pada anaknya bisa berhasil. Tapi ketika kamu menerapkan metode yang sama pada anak kamu, hasilnya jadi berbeda. Jadi, tetap perhatikan kondisi di keluarga kamu sendiri. Pilih yang paling sesuai dan nyaman buat kamu sekeluarga.

Nah, sebagai orangtua tentunya kamu akan memilih yang terbaik bagi keluarga kan? Jadi, usahakan untuk cerdas dan bijak dalam mencari informasi seputar parenting di dunia maya. Dengan memperoleh info yang tepat, kamu bisa menerapkan hal yang bermanfaat untuk keluarga.

(dyah/dok: Pixabay)

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published.