Persiapan Jalan Bareng Batita ke Kebun Raya Bogor

By Putu Dyah | Published 5th April 2018

Kebun Raya Bogor punya banyak hal menarik yang bisa dinikmati bareng keluarga. Biar acara jalan-jalan ke kebun raya makin menyenangkan, ada hal yang sebaiknya kamu persiapkan. Berikut tipsnya dari Parentalk:

1. Pilih waktu yang tepat

Paling enak jalan-jalan di sini waktu pagi hari karena udaranya masih segar banget dan cuacanya cerah. Sementara kalau siang hari, biasanya bakal panas dan membuat anak-anak enggak leluasa buat bermain.

Bisa juga berkunjung waktu sore, pas mataharinya sudah enggak terlalu tinggi. Tapi resikonya, bisa jadi hujan.

2. Bawa topi atau payung

Tujuannya, biar si kecil dan kamu enggak terlalu kepanasan selama keliling Kebun Raya. Payung juga bakal berguna banget kalau tiba-tiba turun hujan. Apalagi di tempat wisata ini jarang ditemukan tempat berteduh seperti saung dan semacamnya.

Area yang terbuka membuat orang tua perlu ekstra mengawasi anak-anak. (Dok: Pribadi)

3. Siapkan bekal sekeluarga

Ibu bisa menyiapkan tikar, makanan dan minuman sendiri untuk piknik di dalam taman. Tapi buat Si Kecil yang sudah mulai MPASI, mungkin lebih sreg kalau disiapin sendiri dari rumah ya.

Jangan lupa juga siapin stok cemilan dan air putih karena berkeliling dijamin menguras banyak energi. Tapi kalau enggak sempat bawa, kamu bisa membeli makan dan minum dari restoran di dalam Kebun Raya.

4. Bawa stroller dan gendongan

Di hari Sabtu dan Minggu, mobil pribadi enggak boleh masuk ke dalam. Tiap pengunjung mesti jalan kaki atau memakai mobil wisata yang disediakan khusus buat pengunjung.

Jadi, demi kenyamanan sebaiknya bawa stroller atau gendongan yang enak dipakai. Ayah dan Ibu bisa lebih santai jalan-jalan dan anak-anak juga enggak terlalu kecapekan.

5. Bawa nursing cover

Buat ibu yang menyusui, perlu banget bawa nursing cover. Apalagi kalau bayi kamu masih berusia kurang dari enam bulan dan masih sering nenen.

Jadi, setiap bayi minta ASI, Ibu bisa langsung siap menyusui tanpa harus ribet cari tempat khusus. Tapi misalnya Ibu merasa risih menyusui di tempat terbuka, bisa cari tempat di balik pohon biar enggak terlalu kelihatan sama pengunjung lain.

6. Datangi pusat informasi

Di sini, kamu akan memperoleh berbagai informasi seputar Kebun Raya Bogor. Termasuk flyer peta wilayah yang tersedia gratis. Peta ini penting banget biar kamu enggak buta arah di kebun seluas 87 hektar ini.

Kalau sudah punya, kamu dan keluarga bisa langsung menentukan spot-spot mana yang menarik buat dikunjungi. Jadi lebih hemat waktu dan tenaga juga pastinya.

7. Pilih tempat istirahat yang aman

Saat memilih tempat istirahat, sebaiknya hindari di bawah pepohonan besar ya. Karena beresiko terjadi angin kencang yang bisa membuat ranting jatuh atau akar pohon terangkat.

Terus, perhatikan juga kalau anak-anak bermain di dekat kolam teratai karena enggak semua area kolam diberi pagar pembatas. Jadi mesti hati-hati banget biar si kecil yang penasaran sama kolam, enggak beresiko tercebur.

Oiya, jangan lupa bawa kamera buat kenang-kenangan si kecil selama berwisata di kebun raya. Pokoknya, lakukan persiapan semaksimal mungkin biar keluarga kamu bisa enjoy jalan-jalan di Kebun Raya Bogor.

(Dyah/ Dok: Pribadi)

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published.