Parenting ala David Beckham

By Putu Dyah | Published 16th August 2018

Siapa di sini yang enggak tahu David Beckham? Mantan pemain bola ini merupakan ayah dari empat anak, yaitu Brooklyn (19 tahun), Romeo (15 tahun), Cruz (13 tahun) dan Harper (6 tahun). Yap, sebagai publik figur, kehidupan keluarga mereka tak pernah lepas dari sorotan dan selalu menjadi panutan penggemarnya. Suami dari Victoria Beckhamini menyadari pentingnya peranan orang tua dalam mengasuh anak-anaknya. Berikut prinsip parenting ala David Beckham yang bisa jadi referensi buat para millennial parents:

Tanamkan sopan santun

Sejak anak-anaknya berusia dua tahun, Beckham sudah melatih mereka buat mengucapkan thank you, please dan you’re welcome pada siapa pun. Para anak laki-lakinya juga dididik untuk menerapkan prinsip ladies first, misalnya dengan mendahulukan perempuan untuk masuk ke ruangan atau duduk di kursi.

Dilansir dari The Telegraph, kebiasaan ini didapat Beckham dari ayah dan kakeknya. Bagi keluarganya, sangat penting buat menanamkan nilai sopan santun dan memperlakukan orang sebaik mungkin. Sekarang, enggak heran kan kalau keluarga Beckham dikenal memiliki manner yang baik?

Beri pemahaman soal kesetaraan gender

Dari kecil, Beckham diajarkan ayahnya untuk menghargai ibu, nenek dan saudara perempuannya. Setelah menikah, istrinya Victoria juga menjadi ikon girl power dengan perannya sebagai pebisnis, duta PBB, serta istri dan ibu dari empat anak.

Lewat itu semua, Beckham mengajarkan ketiga anak lelakinya untuk menghargai sosok perempuan. Di sisi lain, Beckham dan Victoria juga membebaskan anak perempuannya Harper untuk menjalani apapun yang dia suka tanpa harus terbatas gender.

Hargai orang lain

Menjadi public figure, bukan berarti memandang remeh orang lain. Menurut Beckham, anak-anak perlu tahu pentingnya sikap menghargai orang lain. “Menghargai termasuk unsur penting dalam hidup. Saya selalu menyampaikan ke anak-anak agar mereka menghargai dirinya sendiri, menghargai orang lain dan menghargai orang tuanya sebaik mungkin,” cerita Beckham seperti dilansir dari situs Stylish.

Berbagi pada mereka yang butuh

Pengalaman sebagai Duta UNICEF dimanfaatkan Beckham untuk menjelaskan pentingnya berbagi pada keempat anaknya. Bahwa saat ini mereka punya berbagai keistimewaan dalam hidupnya. Sementara di luar sana ada banyak anak yang kelaparan, sakit dan tidak punya rumah. Terkadang, Beckham juga mengajak anak-anaknya untuk ikut kegiatan sosial. Jadi, mereka tahu langsung kondisi orang lain yang membutuhkan.

Kerja keras itu penting

Sebagai keluarga superstar, Beckham tidak membebaskan anaknya untuk foya-foya. Ia dan Victoria selalu mengajarkan anaknya untuk kerja keras. Karena hal itulah yang mereka lakukan sejak dulu, sampai sukses seperti sekarang. Mereka bahkan membiarkan anak tertuanya Brooklyn, untuk bekerja di coffee shop di West London.

Victoria juga menambahkan kalau dia enggak ingin anak-anaknya tumbuh tanpa tahu artinya berusaha. “Mereka tidak akan menjadi anak yang diam di rumah dan tidak melakukan apa-apa. Mereka harus bekerja,” tegas Victoria.

Orang tua jadi teman bagi anak

Beckham selalu berusaha jadi teman yang baik bagi anak-anaknya. Misalnya, dengan mendampingi Romeo saat mengikuti London Mini Marathon tahun 2015, menjadi “penyusup” ketika anak tertuanya Brooklyn menjalani kencan pertama atau bersedia didandani waktu bermain dengan Harper. Hal ini membuat keluarga Beckham kompak dan saling terbuka satu sama lain.

Keluarga adalah segalanya

Dalam situs Digital Spy, Beckham mengakui bahwa sepanjang kariernya ada banyak hal yang ia peroleh. Tapi capaian terbesarnya adalah keluarga. Dia enggak segan buat jadi bapak rumah tangga yang ikut mengurus rumah, mengantar jemput anak ke sekolah sampai memasak makan malam.

“Hal yang penting adalah menjadi suami dan ayah yang baik. Tetap bersama-sama keluarga dan bisa menikmati waktu bersama mereka. Bagi saya, menjadi ayah lebih penting dari segalanya,” cerita Beckham.

Lewat penerapan prinsip parenting itu, anak-anak Beckham termasuk anak yang berperilaku baik di lingkungan pergaulan mereka. Apa kamu tertarik mengikuti parenting ala David Beckham tersebut?

(Dyah/Dok: Instagram @davidbeckham @victoriabekcham)

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published.