Saat Anak Sakit, Jangan Panik!

By Febi Purnamasari | Published 13th April 2018

Antipanik merawat anak yang sakit karena ada Milis Sehat

Pengalaman menjadi orang tua baru tentu campur aduk, ya! Ibu maupun Ayah antusias dan bahagia dengan kehadiran si kecil. Namun di saat yang sama, minimnya pengetahuan seputar kesehatan dan pengasuhan anak tak jarang membuat kamu merasa bingung juga sedih. Apalagi, jika kamu kerap merasa ‘diawasi’ dan menerima terlalu banyak masukan dari orang-orang sekitar. Tak hanya berupa teori, terkadang kamu juga mesti menelan berbagai masukan yang ternyata mitos belaka.

Karena itulah, Ayah dan Ibu baru sangat perlu memperkaya diri dengan ilmu dari para ahli maupun referensi bacaan yang kredibel. Orang tua baru juga butuh terlibat dalam komunitas terkait supaya lebih pede dan positif terhadap diri sendiri.

Saya akan berbagi pengalaman selama dua tahun lebih bergabung dengan komunitas Milis Sehat yang didirikan Yayasan Orang Tua Peduli (YOP) ini.

Milis Sehat, ruang diskusi orang tua dan tenaga kesehatan

Yayasan nirlaba kerjasama orang tua dan tenaga kesehatan ini berkomitmen meningkatkan pengetahuan komunitas tentang layanan kesehatan yang rasional. Salah satunya lewat mailing list bernama Milis Sehat.

Sejak Desember 2003, Milis Sehat telah menjadi sarana diskusi antara dokter berbagai spesialisasi, terutama dokter anak, dan orang tua. Di milis ini, orang tua dapat melakukan tanya-jawab seputar kesehatan buah hati. Seperti seputar kondisi bayi baru lahir, mulai dari kadar bilirubin yang normal sampai kebiasaan menyusu si kecil, seluk-beluk MPASI, juga gejala-gejala penyakit anak beserta penanganannya.

Bijak menggunakan obat

Di Milis Sehat, kamu bakal dididik untuk bersikap bijak memberikan obat, apalagi bila terapi tersebut sebenarnya tidak diperlukan. Misal, untuk kumpulan gejala penyakit seperti demam, batuk, dan pilek, biasanya orang tua akan disarankan untuk memantau kondisi anak saja sambil mengawasi tanda kegawatdaruratan, terlebih jika si kecil masih aktif.

Antipanik merawat anak yang sakit karena ada Milis Sehat

Dari milis ini pun saya menjadi tahu bahwa penyakit langganan anak yang disebabkan oleh virus biasanya sembuh sendiri. Dengan begitu, kebiasan ‘sedikit-sedikit ke dokter’ bisa dikurangi. Apalagi, obat-obatan punya efek samping yang merugikan bagi kesehatan anak.

Up-to-date dan mengedukasi orang tua

Berdasarkan pengalaman mengikuti Milis Sehat, pertanyaan Parentalk selalu dijawab, lho! Enggak hanya sesama Smart Parents (sebutan untuk orang tua yang melek kesehatan), tetapi juga oleh sang pendiri YOP, dr. Purnamawati, SpAK, MMPed, dan dokter-dokter lainnya yang berpegang pada pengobatan rasional.

Antipanik merawat anak yang sakit karena ada Milis Sehat
Pendiri YOP, dr. Purnamawati, SpAK, MMPed

Tak sekadar menjawab pertanyaan, biasanya para dokter juga memberikan beberapa referensi bacaan kredibel untuk dipelajari lebih jauh oleh si penanya. Dengan begitu, orang tua pun terpacu untuk lebih banyak belajar.

Setelah kegelisahan terjawab di Milis Sehat, rasanya pikiran langsung tercerahkan, hati lebih lega, dan saya menjadi lebih sabar menghadapi masalah-masalah kesehatan anak.

Oh ya, kamu juga enggak akan ketinggalan pengumuman penting seputar kesehatan karena pasti diulas secepatnya di Milis Sehat. Contohnya, kejadian luar biasa (KLB) difteri beberapa waktu lalu yang membuat ruang diskusi menjadi aktif sekali.

Cara bergabung dengan Milis Sehat

Untuk bergabung dengan Milis Sehat, kamu cukup mengirimkan e-mail kosong ke [email protected]. Setelah itu, kamu akan menerima formulir data diri dan kuisioner yang harus diisi. Terakhir, kirimkan keduanya ke [email protected].

Edukasi lewat seminar dan kelas kesehatan anak

Selain Milis Sehat, setiap tahunnya YOP juga rutin menggelar pelatihan Program Edukasi Kesehatan Anak untuk Orangtua (PESAT) di Jakarta dan berbagai kota lainnya. Di acara ini, para orang tua dapat mempelajari topik-topik kesehatan anak lewat seminar yang dibawakan oleh para ahlinya. Ragam temanya seperti penyakit langganan anak, seputar antibiotik, serba-serbi imunisasi, memantau perkembangan anak, dan masih banyak lagi.

Antipanik merawat anak yang sakit karena ada Milis Sehat

Antipanik merawat anak yang sakit karena ada Milis Sehat
Penyanyi Widi Mulia, salah satu anggota Milis Sehat

Tak ketinggalan, YOP juga punya Kelas Persiapan Menyusui KLASI (Klub Peduli ASI) yang hadir di Jakarta dan Bandung.

Selain YOP, masih ada dua komunitas lagi yang Parentalk rekomendasikan untuk diikuti para Ayah dan Ibu baru. Selanjutnya, simak artikel Keluarga Kita Selaraskan Pengasuhan Anak, ya!

Referensi: Artikel “Tentang kami” pada Grup Sehat

(Febi/ Dok. Febi Purnamasari)

Share This:

comment :

Leave a Reply

Your email address will not be published.