Ajak Anak Main Sambil Belajar di Kuntum Farm Field

By Putu Dyah | Published 4th March 2018

Kalau weeekend ini kamu dan keluarga berencana main ke tempat wisata yang seru dan ramah anak, coba deh Kuntum Farm Field. Di tempat agrowisata ini, anak-anak bisa main sambil belajar tentang hewan ternak, ikan dan pertanian.

Yang bisa dinikmati di Kuntum Farm Field

Area wisata ini berlokasi di jalan Raya Tajur no.291, Bogor, Jawa Barat dengan harga tiket masuk Rp 40 ribu per orang. Tiap pengunjung bisa meminjam topi caping secara gratis. Jadi bisa jalan-jalan tanpa kepanasan sekaligus bisa merasa seperti petani betulan.

Setelah masuk, kamu dan keluarga akan disambut suasana sejuk dari pepohonan dan deretan kolam ikan di bagian dalam. Kemudian ada kandang kambing dan deretan tanaman organik dalam pot.

Di sini, anak-anak bisa melihat berbagai tanaman di kebun hidroponik. (Dok: Pribadi)

Anak-anak bisa ikut memberi susu ke kambing atau memberi makanan ikan dan hewan ternak lain. Tapi sebelumnya kamu harus membeli makanan ini dulu ya. Harganya cukup terjangkau yaitu Rp5 ribu untuk tiap kemasannya. Kegiatan memberi makan seperti itu jadi keseruan tersendiri, terutama buat anak-anak kota yang jarang melihat hewan ternak secara langsung.

Plus minus main ke peternakan

Namanya juga lagi di peternakan. Jadi bau hewan dan kotorannya yang semerbak pasti bakal tercium. Mungkin ada anak yang terganggu, ada juga yang biasa saja sama sensasi ini.

Untungnya, di Kuntum Farm Field ada banyak area terbuka yang membuat kita bisa menghirup udara segar. Di sini juga merupakan area bebas rokok. Orang tua pun enggak perlu khawatir anaknya menghirup racun dari asap rokok orang lain.

Wisata bebas asap rokok jadi aman buat kesehatan si kecil. (Dok: Pribadi)

Di sisi lain, bagi saya yang membawa dua balita usia 15 bulan harus ekstra pengawasan. Karena anak-anak sedang aktifnya bergerak dan suka jalan kesana-sini, sementara di lokasi ini terdapat banyak kolam ikam yang tidak diberi pembatas.

So far, buat saya dan keluarga, area lokasi wisata ini cukup terjangkau. Artinya tidak terlalu luas untuk dikelilingi. Pembagian spotnya juga jelas dan enggak bikin bingung.

Kalau capek, tersedia pendopo-pendopo peristirahatan yang tersebar di beberapa tempat. Pendopo ini juga bisa kita manfaatkan untuk makan bareng keluarga. Asyik kan?

Pastinya, anak-anak dapat menemukan pengalaman baru. Dan orang tua bisa menyegarkan pikiran dengan melihat suasana alami di tempat ini.

Tips berwisata di Kuntum Farm Field

Ada beberapa hal yang sebaiknya kamu siapkan sebelum jalan-jalan di tempat agrowisata ini. Berikut di antaranya:

Bawa makanan dan minuman

Berkeliling melihat hewan sambil melakukan aktivitas lain tentu bisa menghabiskan energi kita dan anak-anak. Untuk itu, siapkan makanan dan minuman biar tidak haus dan kelaparan.

Tapi kalau tidak mau repot, kamu dan keluarga bisa makan di resto yang ada di area depan. Atau membeli minum makanan ringan seperti mi instan di beberapa pendopo yang tersedia di area dalam.

Siapkan hand sanitizer

Dimanapun kita berada tentu tidak lepas dari kotoran dan bakteri, apalagi saat berada dekat hewan-hewan ternak. Jadi sebaiknya siapkan hand sanitizer agar tangan kita dan si kecil bebas dari kuman.

Untuk para orang tua yang anaknya masih suka memasukkan jari ke mulut, pastikan mereka tidak melakukannya saat berdekatan dengan hewan. Kalaupun anak kita penasaran dan memegang hewan tersebut, jangan lupa bersihkan tangannya.

Ibu menyusui sebaiknya bawa nursing cover

Di Kuntum, tidak ada tempat khusus menyusui. Jadi kalau kamu membawa anak yang masih menyusui, ada baiknya kalau membawa nursing cover.

Nanti Ibu bisa menyusui si kecil di pendopo tempat istirahat atau di mushola yang ada di dalam tempat wisata ini.

Bawa stroller atau gendongan

Hal ini penting, khususnya buat orang tua yang anaknya belum atau baru bisa berjalan. Siapkan stroller atau gendongan yang nyaman agar orang tua dan anak tidak mudah capek.

Pastikan di stroller ada cover pelindung agar anak tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Dalam Babycenter dijelaskan bahwa paparan matahari bisa menyebabkan bayi merasa pusing, demam sampai dehidrasi. Jadi, pastikan mereka terlindungi dari sinar matahari, terutama di sekitar jam 10-2 siang yang panasnya menyengat.

Berpakaian nyaman dan bawa baju ganti

Lokasinya yang relatif dekat dengan Jakarta membuat cuaca di tempat ini cukup panas. Untuk itu sebaiknya pilih pakaian yang nyaman dan menyerap keringat, khususnya untuk anak-anak.

Siapkan juga baju ganti ya. Karena di sini terdapat beberapa aktivitas yang bisa menarik anak buat kotor-kotoran, seperti menangkap ikan atau memberi makanan binatang.

Tempat wisata Kuntum Farm Field buka tiap hari dari jam 8 pagi sampai 6 sore. Setelah anak-anak asyik keliling, kamu dan keluarga bisa membeli sayuran organik atau tanaman hias yang dijual di sini.

(Dyah/ Dok: Pribadi)

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published.